Jumat, 30 September 2011

Membuat Bayi Gemar Membaca



Membaca adalah jendela dunia, Anda bisa menjelajahi apapun tanpa batas dalam sebuah buku. Tentunya akan sangat membanggakan bila buah hati Anda tumbuh menjadi sosok yang gemar membaca dan menjelajahi dunia dalam bantuan buku. Selain mendapa pengetahuan, banyak manfaat lain yang didapatkan dari membaca, salah satunya adalah mengembangkan imajinasi yang tidak didapat dari kegiatan menonton televisi.

Anak yang memiliki imajinasi baik biasanya akan tumbuh menjadi sosok yang kaya akan ide-ide baru, inspiratif dan kreatif. Anda bisa mulai mengenalkan kegemaran membaca pada buah hati Anda sedini mungkin. Tidak akan sulit, karena mengenalkan buku pada buah hati semudah memberinya mainan plastik. Tentu saja mengenalkan buku akan jauh lebih bermanfaat untuknya. Seperti dilansir situs Parenting, inilah cara yang bisa Anda tempuh agar bayi dan balita Anda hobi membaca buku.

1. Bicara Pada Bayi Sejak Lahir


Sekalipun bayi terlihat tidak memberikan respon apapun saat Anda berbicara dengannya, tetapi apa yang Anda ucapkan akan terekam di dalam otaknya. Saat dia mendengar banyak kata yang Anda ucapkan, maka dia akan terbiasa dengan kata-kata tersebut dan ini penting sebagai persiapan untuknya saat belajar membaca.

2. Pangku Bayi Anda.


Saat bayi Anda sudah bisa dipangku, maka ajaklah dia berkenalan dengan benda barunya, yaitu buku. Posisi yang nyaman adalah dipangku karena si bayi akan merasa paling nyaman bila dekat dengan ibunya, lakukan pada saat bayi merasa senang.

3. Biarkan Dia Memegang Bukunya

Benda apapun yang Anda tawarkan pada bayi Anda, akan menjadi sesuatu yang menarik perhatiannya, maka kemungkinan bayi Anda akan memegang dan menggigit buku yang Anda berikan. Biarkan saja, biarkan bayi Anda mengenal dan akrab dengan mainan barunya.

4. Pilih Buku Yang Tepat

Karena bayi Anda baru mengenal buku, pilih buku yang sekiranya tidak membuat si bayi merasa bosan. Misalnya buku dengan gambar 3D, atau buku dengan tulisan yang bersajak (biasanya dalam buku anak berbahasa Inggris) misalnya Hickory Dickory Dock. Ini akan lebih membantu si bayi melihat tulisan besar dan mengingat apa yang Anda katakan dari tulisan tersebut.

5. Perluas Kosa Kata

Saat bayi Anda telah sedikit besar, maka dia akan mulai mengucapkan kata-kata yang lebih mirip bergumam. Anda harus mengarahkan si balita dengan cara yang benar untuk memperbanyak perbendaharaan kata. Misalnya balita Anda mengatakan "Buu buu..." saat melihat buku, maka jawablah "Iya benar, ini buku. Buku warna biru," Maka secara tidak langsung, dia akan merekam kata-kata yang lain.

6. Jadilah Model Mereka

Balita akan menyerap apa saja. Anda tidak bisa berharap balita Anda akan gemar membaca jika Anda sendiri tidak pernah terlihat membaca di depannya. Maka habiskan waktu Anda bersamanya dengan juga membaca. Contoh yang Anda berikan akan meningkatkan motivasi balita untuk melakukan hal yang sama dengan orang tuanya.

7. Buat Mudah

Jangan meletakkan buku terlalu tinggi atau meletakkannya di dalam lemari yang terkunci. Pilah buku mana yang bisa diberikan untuk balita Anda, mana yang tidak. Biasanya balita yang belum bisa membaca akan meminta Anda untuk membacakan buku tersebut. Jika dia terus minta dibacakan buku kesukaannya berulang-ulang, jangan bosan. Pengulangan akan membuat balita semakin menyerap isi buku tersebut.

8. Buat Jadi Menyenangkan

Sekalipun penting, jangan membuat kegiatan membaca menjadi sesuatu yang menakutkan bagi bayi Anda. Buatlah kegiatan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan seperti sebuah permainan. Nikmati kegiatan ini dengan diselingi menyanyi atau bermain kata, pasti akan sangat menyenangkan.

Tunggu apalagi? Ajak bayi Anda berkelana di dalam sebuah buku dan biarkan imajinasinya mengembara.



Artikel Terkait